Modifikasi Bootsplash Mandriva


Boot loader merupakan suatu sistem dimana ketika pertama kali komputer menyala kita akan dihadapkan dengan pilihan menu. Jika komputer kita memiliki lebih dari satu sistem operasi maka kita akan dihadapkan dengan pilihan, mau menggunakan sistem operasi manakah?. Grub merupakan salah satu boot loader yang paling dominan digunakan. Tak terkecuali mandriva yang dulunya menggunakan lilo sebagai boot loader defaultnya, akhirnya beralih juga ke Grub.
Ketika kita berada pada menu boat loader mandriva kita akan mendapatkan background, dimana background tersebut merupakan bawaan default dari mandriva. Adakalanya kita bosan dengan tampilan yang sudah ada. Jadi didalam postingan ini, akan dibahas bagaimana cara merubah background dari boot loader mandriva.
Berikut tahapan merubah background boot mandriva, yaitu ada tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap persiapan, tahap kedua adalah tahap editing, tahap ketiga adalah tahap building. Berikut tahap pertama dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Pertama-tama siapkan tempat untuk meracik resep.. :) buka konsole lalu rubah privilege anda menjadi root:

$su
password:
#mkdir /home/gfxmenu
#mkdir /home/gfxmenu/racik

2. Buck-up gfxmenu (merupakan tempat konfigurasi background grub berada) dan buat master:
#cp /boot/gfxmenu /home/gfxmenu/
#cp /boot/gfxmenu /home/gfxmenu/racik
#cp /boot/gfxmenu home/gfxmenu/gfxmenubuck-up

3. Kemudian ekstrak gfxmenu yang ada di /home/gfxmenu/racik
# cd /home/gfxmenu/racik
# cpio -i < gfxmenu

Dalam tiga langkah ini kita telah berhasil mempersiapkan dan membuat master dari gfxmenu dan kita bisa melihat isi gfxmenu dari folder yang sudah kita ekstrak di dalam folder /home/gfxmenu/racik, didalam folder tersebut terdapat file back.jpg yang merupakan file gambar background dari bootloader. File tesebut dapat kita ganti dengan gambar yang lain dengan syarat spesifikasi sebaga berikut 256 warna dan kedalaman 8 bit, pastikan ukuran gambar adalah 600 × 480 px atau 800 × 600 px. Berdasarkan pengalaman lebih baik melakukan editing file back.jpg asli dengn gimp lalu diganti atau diedit gambarnya. Karena memulai dengan file baru gak berhasil. Sekarang kita masuk tahap ke tiga yaitu editing. Pada tahap editing ini menggunakan jim sebagai editor background-nya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Copy file back.jpg dan rubah kepemilikanya ke user anda supaya file bisa di edit:
#cp /home/gfxmenu/racik/back.jpg /home/user/Pictures
#chown user.user /home/user/Pictures/back.jpg

2. Setelah itu buka file back.jpg melalui dophin dengan menggunakan gimp, lalu lakukan editing dan simpan.

Tahap editing sudah selesai sekarang memasuki tahap terakhir yaitu tahap building, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Copikan hasil editan file ba.jpg ke dalam racik
#cp -vf /home/user/Pictures/back.jpg /home/gfxmenu/racik/

2. Hapus file gfxmenu yang ada di racik
#rm -vf /home/gfxmenu/racik/gfxmenu

3. Kompres kembali file yang tadi diekstrak, yaitu berada di folder racik ke dalam gfxmenu di /home/gfxmenu/
#cd /home/gfxmenu/racik
#ls | cpio -o > /home/gfxmenu/gfxmenu

4. Kopikan file gfxmenu yang telah kamu edit ke dalam /boot/
#cp -vf /home/gfxmenu/gfxmenu /boot/

Sekarang sudah selesai melakukan konfigurasi background boot loader anda, restart komputer anda untuk melihat hasilnya :). Apa bila terjadi masalah anda masih bisa mengembalikannya, dengan cara:
#cp -vf /home/gfxmenu/gfxmenubuck-up /boot/gfxmenu

Komentar